Hesnidar Haris : Tengkuluk Identitas Khas Wanita Jambi

Thehok.id – Setiap daerah memiliki identitasnya masing-masing, salah satunya Provinsi Jambi dengan tengkuluknya. Tengkuluk merupakan penutup kepala bagi kaum wanita di Jambi dan merupakan salah satu bukti adanya budaya melayu di Jambi.

Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Jambi, Hesnidar Haris atau yang lebih akrab disapa Hesti mengatakan tengkuluk merupakan identitas khas bagi kaum wanita di Provinsi Jambi. Hal ini dikatakan Hesti saat sesi wawancara usai melaksanakan video tutorial pemasangan tekuluk, bertempat di kediaman Menteri Perhubungan RI Jakarta, Selasa (12/04/2022).

Dalam pelaksanaan video tutorial pemasangan tekuluk, istri Menteri Perhubungan RI, Endang Budi Karya Sumadi menjadi model untuk pemasangan tekuluk dan secara langsung melakukan pemasangan tengkuluk sendiri dengan 3 jenis tengkuluk yaitu tekuluk lilit rotan, bai bai dan tegendeng.

“Tengkuluk ini bisa digunakan dalam keseharian maupun acara adat, setiap wilayah di Jambi memiliki ragam bentuk tengkuluk yang berbeda, serta memiliki makna dan nilai nilai filosofi kehidupan,” ujar Hesti.

Hesti menuturkan, Dekranasda Pemerintah Provinsi Jambi terus berupaya melestarikan tengkuluk sebagai identitas khas Jambi, dan ingin mengangkat kembali tengkuluk Jambi agar lebih dikenal oleh masyarakat luas, dengan menggunakan tengkuluk pada acara-acara resmi.

“Tengkuluk juga bisa digunakan sebagai fashion untuk wanita yang berjilbab, karena tengkuluk di Provinsi Jambi sendiri ada bermacam-macam modelnya, sebanyak 94 model tengkuluk, setiap Kabupaten/Kota di Provinsi Jambi memiliki model yang berbeda,” tutur Hesti.

Lebih lanjut, Hesti mengungkapkan, tujuan dari pelaksanaan video tutorial pemasangan tekuluk ini salah satunya adalah guna mendukung program pemerintah pusat yaitu Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (GERNAS BBI) sebagai produk asli buatan Indonesia yang telah memiliki hak kekayaan intelektual. Video tutorial pemasangan tengkuluk ini agar setiap orang bisa menggunakan tekuluk dan mengenal tengkuluk dari Provinsi Jambi. (Die)

Komentar