Gubernur Jambi Al Haris Dorong Pemuda Tingkatkan Keterampilan

Thehok.id – Pemerintah Provinsi Jambi terus berupaya dalam mendorong generasi muda Provinsi Jambi untuk meningkatkan skill dan keterampilan. Hal tersebut disampaikan Gubernur Jambi Al Haris pada Pembukaan Permusyawaratan Tertinggi (Tanwir) II Pemuda Muhammadiyah Tingkat Nasional yang dihadiri Presiden RI Ir. Joko Widodo secara Hybrid, bertempat di Ratu Convention Center (RCC) Jambi, Jum’at (04/03/202).

“Saya sangat mengapresiasi keberadaan pemuda Muhammadiyah yang turut memberikan kontribusi dalam pembangunan, baik pembangunan nasional maupun pembangunan daerah. Pemuda Muhammadiyah juga terus berpegang pada dakwah kultural washatiyahnya dalam kontribusinya terhadap kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, serta senantiasa aktif hadir membantu masyarakat dalam penanganan bencana alam dan non alam, termasuk juga pandemi covid-19, khususnya di Provinsi Jambi,” ujar Al Haris.

Sebagai pembentuk daya saing dimasa depan, Al Haris mengatakan bahwa pemuda harus terus meningkatkan kompetensi dan skill (keterampilan atau keahlian) agar memiliki kompetensi dan kualitas yang baik.

”Kita tentunya menginginkan supaya kedepannya daerah dan negara ini terus menggapai lompatan-lompatan kemajuan dalam semua sektor pembangunan, dan itu akan bisa terwujud manakala pemuda dan pemudi memiliki kualitas, kompetensi, dan daya saing yang baik, yang mampu menghasilkan berbagai terobosan positif dan inovasi,” kata Al Haris.

Dalam acara tersebut, Al Haris mengatakan bahwa pemuda Muhammadiyah harus terus berperan aktif dan berkolabarosi dengan pemerintah pusat dan daerah, pemangku kepentingan serta semua pihak, guna berupaya menyelesaikan problematika daerah dan nasional dengan solusi positif.

“Saya mengharapkan kegiatan ini tidak hanya menjadi seremoni rutin semata, namun dengan gagasan dan ide positif dan konstruktif dari pemuda Muhammadiyah peserta Tanwir II, akan menghasilkan spirit dan rekomendasi dalam pelaksanaan pembangunan masyarakat yang adil, maju, dan beradab,” tutur Al Haris.

Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo mengingatkan, masyarakat Indonesia khususnya Provinsi Jambi yang menjadi Tuan Rumah Pelaksanaan TANWIR II Pemuda Muhammadiyah untuk selalu mematuhi protokol kesehatan dan melakukan vaksinasi booster dalam rangka meminimalisir penyebaran varian baru Omicron.

Lebih lanjut, Joko Widodo mengatakan melalui tema “Gerakan Pemuda Negarawan” dan sebagai wujud khidmat pemuda Muhammadiyah kepada bangsa Indonesia akan didekralasikan sebuah manisfesto gerakan, dengan nama Khittah Jambi. Gerakan Pemuda Negarawan bertujuan untuk mencetak kader negarawan yang berprinsip Islam, moderat, berkemajuan, inklusif, dan nasionalis dengan berpegang pada Alquran dan hadist.

Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah Sunanto, S.Hi., MH menegaskan, pernyelenggaran Tanwir II tidak hanya sebuah rutinitas agenda organisasi semata, namun Pemuda Muhammadiyah sebagai kepanjangan tangan Muhammadiyah pada tataran pemuda memiliki tanggung jawab dan memiliki mandat untuk memastikan nasib bangsa berada dalam kondisi yang baik. “Pemuda Muhammadiyah memberikan energi positifnya bagi kebaikan agama, umat, bangsa, dan negara untuk terlibat aktif menyelesaikan problematika bangsa indonesia ini,” kata Sunanto. (Die)

Komentar