Rem Blong, Truk Kontainer Tabrak Puluhan Kendaraan di Lampu Merah

Truk kontainer tabrak puluhan kendaraan yang sedang antri di lampu merah (foto/ist)


Thehok.id – Kecelakaan tragis terjadi di Simpang Muara Rapak, Balikpapan pada Jumat (21/1/2022) pagi. Truk bermuatan kontainer menabrak kendaraan di lampu merah. Akibatnya, 5 orang pengguna jalan meninggal dan puluhan lainnya luka-luka.

Dari informasi yang berhasil dihimpun, kecelakaan maut tersebut berawal saat truk tronton dengan nomor polisi KT 8534 AJ berangkat dari pul di Jalan Pulau Balang KM 13 Soekarno-Hatta, Karang Joang, Balikpapan Utara pukul 05.00 WITA. Truk tersebut bermuatan kontainer 20 feet yang berisi kapur pembersih air seberat 20 ton. Truk berangkat berangkat menuju Kampung Baru, Balikpapan Barat.

Setibanya di Jalan Soekarno-Hatta KM 0,5, tepatnya di depan Rajawali Foto, sopir truk, Muhammad Ali (48), mulai menurunkan persneling dari 4 ke 3 dan mengurangi laju kendaraannya. Namun, truk yang dikendarai Ali tiba-tiba kehilangan fungsi rem alias rem blong. Laju truk semakin tak terkendali lantaran berada di jalan turunan. Ali langsung membanting kemudi ke kanan menghantam deretan kendaraan yang sedang antre menunggu lampu hijau menyala sekitar puluk 06.00 WITA.

Usai menabrak puluhan kendaraan, mulai dari mobil pikap, mobil pribadi, angkot hingga belasan motor, laju truk tersebut masih belum juga berhenti. Truk kontainer baru benar-benar berhenti di jalan samping Masjid Al Munawar. Akibat insiden tersebut, polisi mencatat ada dua mobil pribadi, dua angkot, dua mobil pikap dan 14 motor mengalami rusak berat. Tak hanya itu, fasilitas umum tiang lampu lalu lintas roboh dan pagar pembatas di sepanjang turunan juga rata dengan tanah usai ditabrak truk.

Dari informasi terkini, kecelakaan maut di Balikpapan itu menewaskan 5 orang pengendara dan puluhan orang luka-luka. Para korban sudah dilarikan ke RS Kanujoso Djatiwibowo dan RS Beriman untuk menjalani perawatan intensif.

“Ada empat korban luka berat dan puluhan orang luka ringan,” kata Dirlantas Polda Kalimantan Timur, Kombes Pol Sony Irawan.

Polisi telah menahan sopir truk untuk dimintai keterangan selengkapnya. Saat ini sopir telah dibawa ke Polres Balikpapan. (ika)


Sumber : jambiseru.com

Komentar