Bupati Fadhil Minta Gubernur Bantu Support Petani di Batanghari

Thehok.id – Dalam acara perayaan Hari Ulang Tahun Provinsi Jambi ke 65, Bupati Batanghari M Fadhil Arief sempat mengadu ke gubernur. Bupati Fadhiel minta gubernur support petani di Batanghari.

Dengan adanya bantuan dari Pemerintah Provinsi Jambi, menurut Fadhil Arief, maka hasil panen petani, terutama petani tanaman pangan akan meningkat. Hal ini akan berdampak pada meningkatkan perekonomian masyarakat di Kabupaten Batanghari yang mayoritasnya adalah petani.

“Kita minta support dari Pemprov Jambi untuk bidang pertanian. Kita yakin dengan visi misi gubernur sudah masuk, tapi intervensinya akan lebih jelas untuk Kabupaten Batanghari,” kata Fadhil Arief, Kamis (6/1/2022).

Dikatakannya, masalah pertanian di Provinsi Jambi ini adalah terbatasnya jumlah lahan. Sementara jumlah penduduk semakin bertambah. Hal ini tentunya membuat hasil pertanian jadi tidak optimal. Apalagi jika datang investasi baru, maka kepemilikan lahan akan berkurang.

Fadhil Arief menyebutkan, untuk meningkatkan hasil pertanian, maka diperlukan peran bersama dalam memperhatikan petani. Ia menyebutkan, masih banyak ditemui lahan yang tidak produktif, misalnya ada sawah dengan luas 1 hektare hanya menghasilkan 2 ton, idealnya itu menghasilkan 8 ton.

“Saya temui kelapa sawit masyarakat yang ditanam secara swadaya itu hanya menghasilkan 3-5 kwintal dalam satu bulan dan perhektare. Ini juga belum optimal, yang seharusnya 3 ton, ini perlu solusi yang lebih komprehensif sehingga nanti kesejahteraan masyarakat memang linier dengan luasan lahan yang mereka miliki,” katanya.

Jangan sampai dengan luasan lahan 5 hektare tapi hidup masyarakat tidak sejahtera masih menerima bantuan BPNT karena hasilnya tidak optimal tadi.

Bupati mengharapkan pada pimpinan Gubernur Jambi dan Wakil Gubernur saat ini menjadi lebih baik dan lebih cepat serta lebih sinkron bersama Pemerintah kabupaten dan kota.

“Kita tahu regulasi memaksa rancangan yang dibuat kabupaten dan kota itu harus sinkron bersama Pemprov, tapi ini kan masih normatif tidak begitu linier dengan program-program yang ada. Kita yakin gubernur dan wakil gubernur bisa membuka ruang untuk itu,” ujarnya.

Orang nomor satu di Batanghari ini mengajak Pemprov Jambi dan kabupaten/kota bisa melangkah bersama dengan memainkan perannya masing-masing supaya bisa memaksimalkan perannya untuk kemajuan Provinsi Jambi.

“Kita yakin Jambi menjadi daerah yang meningkat kebahagiannya karena Jambi menjadi satu di antara tempat tinggal yang bahagia di Indonesai ini,” tuturnya.(red)

Komentar