Malaysia Deportasi 229 TKI ke Kalimantan

 

Para TKI Malaysia saat tiba di Kalimantan.(foto/ist)

Thehok.id– Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang bermasalah kembali kena deportasi pemerintah Malaysia. Kali ini, Malaysia  deportasi 229 TKI ke Kalimantan. Meskipun berasal dari berbagai provinsi, namun para TKI itu dikirim ke Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara.

Proses deportasi 229 TKI ke Kalimantan ini dilakukan dengan mematuhi protokol kesehatan. Bahkan TKI yang didepotasi juga sudah divaksin.

“Ratusan TKI yang dideportasi kali ini sudah vaksin di sebelah (Malaysia) dan sudah ada hasil tes PCR-nya,” kata Kepala UPT BP2MI Nunukan, AKBP FJ Ginting saat berada di rusunawa penampungan TKI deportasi atau bermasalah di Kabupaten Nunukan, Sabtu (11/12/2021).

Mereka yang dideportasi tersebut terdiri atas 127 orang yang tidak memiliki dokumen keimigrasian bekerja di Malaysia, 33 orang lahir di Malaysia, 61 kasus narkoba, pembunuhan (2), dan kasus kriminal lainnya.

Dari 229 TKI tersebut, sebanyak 44 perempuan, 177 laki-laki, dan anak-anak sebanyak delapan orang. Berdasarkan dari daerah asal, TKI yang dideportasi didominasi dari NTT yang berjumlah 87 orang dan dari Sulsel sebanyak 37 orang. Sisanya berasal dari Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara dan sebagian dari Pulau Sumatera dan Jawa.

Mereka ditampung sementara di Rusunawa selama lima hari sebelum dipulangkan ke kampung halaman masing-masing, kata Ginting.

Ia mengatakan ratusan TKI yang dideportasi tersebut tiba di Pelabuhan Tunon Taka, Kabupaten Nunukan, diangkut menggunakan dua kapal resmi pada Jumat (10/12) sekitar pukul 17.15 Wita.

Setibanya di pelabuhan langsung dijemput oleh petugas imigrasi dan kepolisian setempat dilanjutkan pemeriksaan dokumen kesehatan berupa kartu vaksin dan PCR serta tes swab oleh petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP).

Ginting menjelaskan pemeriksaan kesehatan dilakukan sangat ketat guna mencegah masuknya virus varian baru Omicron yang sudah terdeteksi masuk di Malaysia. (ika)

Sumber : jambiseru.com

Komentar