KPBC TMP B Jambi Gelar Pelatihan Tentang Ekspor Menembus Pasar Global

 

Foto bersama di Kantor KPBC Kualatungkal usai acara pelatihan


Jambiseru.com – Kantor Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean B Jambi menggelar pelatihan tentang ekspor ke pasar global. Pelatihan tersebut digelar Kantor bantu pelayanan Bea dan Cukai Kuala Tungkal, dengan tema "Pelatihan Prosedur Ekspor Menuju Pasar Global".

 

Pelatihan kali ini dibuka langsung oleh Seksi Penyidikan dan Penindakan, Heri Sustanto, yang juga merupakan Plh. Kepala KPPBC TMP B Jambi.  Sedangkan untuk nara sumber pelatihan ekspor oleh seksi PKC Leonardo, narasumber qarantina ikan oleh Meiliya dan Paiman. Lalu  narasumber Qarantina Tumbuhan oleh Anita.

 

Dodi Pribadi, Pejabat Fungsional BC/ Ahli Pertama KPPBC TMP B Jambi mengungkapkan, bahwa kegiatan semacam ini sangat penting dilakukan. Karenanya kegiatan seperti ini, harus dilakukan tidak hanya sekali ini saja.

 

"Kegiatan seperti ini harapannya tidak hanya sekali, kami berencana akan meningkatkan skala yg lebih besar, kami punya rencana akan berdiskusi dengan pihak-pihak terkait khususnya di wilayah kabupaten Tanjab Barat. Baik itu dengan Pemda, Disperindag, serta para pemuda, steak holder, para petani, dan himpunan nelayan yang ada di Tanjab Barat," ungkapnya, Jumat (9/4/2021).

 

Dikatakan Dodi, pihaknya dalam menjalankan tugas tidak bisa berjalan sendiri. Namun sangat membutuhkan bantuan dan kerjasama dengan masyarakat.

 

“Kami yakin dan percaya ketika masyarakat Kuala Tungkal jika smakin faham, mengerti dan bisa bersinergi dengan instansi pemerintah dengan baik Tungkal akan lebih maju karena banyak potensi yg ada disini,” katanya.

 

Sementara itu, Ketua  DPC Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI), Syufrayogi Syaiful, S.IP, mengatakan jika dirinya sangat  mengapresiasi adanya pelatihan ini. Ia mengungkapkan, bahwa pelatihan semacam ini perlu dilakukan untuk memberikan pengetahuan baru bagi calon-calon Eksportir.

 

"Saya mengapresiasi pelatihan-pelatihan semacam ini, guna memberikan edukasi kepada calon- calon Eksportir khusus nya kaum Milenial yang punya potensi," ungkapnya.

 

Kegiatan tersebut dilakukan, bertujuan untuk memberikan wawasan kepada masyarakat terkait tupoksi bea cukai, memberikan wawasan kepada masyarakat terkait prosedur ekspor khususnya masyarakat wilayah kabupaten Tanjab Barat di mana banyak komoditi  pertanian dan perikanan yang seharusnya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kuala Tungkal, dan  dengan adanya sharing knowledge/ sosialisasi, diharapkan masyarakat semakin mengerti dan paham akan bea cukai yang selama ini bertugas untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat. (tra)