Cegah Mudik Lebaran, Kemenhub Bakal Sekat 300 Lokasi

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi

 


Thehok.id – Pemerintah telah resmi melarang mudik lebaran tahun ini. Guna mencebah mudik lebaran, Kemenhub bakal menyekat 300 lokasi.

Dikatakan Menhub, Budi Karya Sumadi, untuk melakukan pencegahan kegiatan mudik lebaran, pihak kemenhub bakal bekerjasama dengan beberapa pihak. Seperti dengan pihak kepolisian.


“Kalau berkaitan dengan darat, kita berkoordinasi dengan polisi dan Kakorlantas bahwa kita akan secara tegas melarang mudik dan akan melakukan penyekatan di lebih dari 300 lokasi,” kata Menhub Budi Karya Sumadi dalam jumpa pers virtual, Rabu (7/4/2021).

Budi juga mengimbau, agar masyarakat tetap tinggal di rumah pada lebaran tahun ini. Jika masih ada warga yang melakukan mudik lebaran, maka pihaknya bakal menindak tegas semua pelanggar larangan mudik lebaran itu.

“Sehingga kami menyarankan agar Bapak-Ibu tidak meneruskan rencana untuk mudik dan tinggal di rumah. Kita juga melihat adanya penggunaan pribadi, bahkan mobil bis plat hitam, truk pelat hitam kita akan melakukan tindakan tegas apabila itu dilakukan,” tuturnya.

Sedangkan untuk transportasi laut, Budi menyebutkan, pihaknya akan melakukan pembatasan. Nantinya, seluruh transportasi laut akan melakukan pelayanan secara terbatas, yang dibolehkan hanya mereka mereka yang dikecualikan untuk melakukan perjalanan. Salah satunya untuk layanan penyeberangan logistik.

“Bagi daerah-daerah yang memang secara khusus banyak melakukan mudik, seperti di Riau, dari Kalimantan ke Jawa, dan di Jatim, saya mengimbau bahwa tidak melakukan mudik,” kata Budi.

Untuk kereta api, Budi melanjutkan, pengurangan armada akan dilakukan. Hanya kereta luar biasa yang diperkenankan beroperasi.

“Di kereta api, kita akan melakukan pengurangan supply dengan hanya memberikan kereta luar biasa dan secara khusus bagi aglomerasi yang terdapat suatu pergerakan, katakanlah Jabodetabek, di Gerbangkertosusila dan juga Bandung kita juga akan menurunkan supply,” ujarnya.

“Sesuai arahan bapak presiden, kita tegas melarang mudik dan kami juga mengimbau agar yang berkeinginan mudik untuk tinggal di rumah saja,” imbuh Budi. (tra)

Sumber : detik.com

 

Komentar