AGAR BISA BERSAING DENGAN SNAPDRAGON 450. MEDIATEK MEMBERIKAN POTONGAN HARGA UNTUK CHIPSET HELIO P23

Cnnteknologi.net – Qualcomm dan MediaTek merupakan dua perusahaan chipset mobile yang sangat bersaing ketat. Tampaknya kali ini MediaTek harus mengikuti permainan Qualcomm yang menurunkan harga Snapdragon 450 menjadi $10,50 (Rp140 ribuan). MediaTek sendiri menyiapkan chipset Helio P23 sebagai pesaing Snapdragon 450 di segmen mid-range. Meski belum diumumkan, MediaTek harus memangkas harga jual chipset Helio P23 agar bisa bersaing dengan rivalnya.


Seperti yang dilaporkan Phone Arena, menurut sumber yang mereka dapat dari dalam industri, MediaTek saat ini sedang mempertimbangkan penurunan harga chipset Helio P23 kurang dari $10 per chipset. Hal tersebut harus dilakukan agar Helio P23 diminati oleh vendor smartphone ketika diluncurkan nanti.

Menurut laporan tersebut, untuk menghasilkan chipset Snapdragon 450 dengan proses 14nm, Samsung dibayar $2.500 per wafer (potongan tipis bahan semikonduktor). Sementara TSMC dibayar lebih dari $3.500 per wafer untuk menghasilkan chipset Helio P23 dengan proses 16nm.

Harga awal Helio P23 sendiri sebesar $15, yang kemudian turun menjadi $11 hingga $12 agar para vendor mau menggunakan chipset mid-range tersebut. Beberapa vendor yang dikabarkan memesan chipset tersebut termasuk Oppo, Vivo, Gionee, dan Meizu yang selama ini dikenal kerap menggunakan chipset MediaTek.

Dengan langkah Qualcomm yang memotong harga chipset Snapdragon 450, hal tersebut akan membuat persaingan di segmen menengah akan semakin ketat, dan MediaTek harus menyusun strategi agar tidak kehilangan pelanggan. Helio P23 sendiri dikabarkan untuk rilis pada kuartal keempat, dan MediaTek berharap dapat menjual 5 – 6 juta unit chipset Helio P23 setiap bulannya.

(sumber: beritateknologi.com)

Komentar